Koleksi 16 Gambar Berwarna Semasa Perang Dunia Kedua, Lihat Gambar Terakhir !

Perang Dunia II selalu meninggalkan banyak cerita dan bukti-bukti peninggalan.Perang yang terjadi tahun 1939-1945 ini pula menyimpan lebih banyak misteri karena melibatkan berbagai negara yang berseteru. Sebuah buku baru yang diterbitkan oleh Imperial War Museum (IWM) menampilkan koleksi foto berwarna yang langka dari Perang Dunia II. Dari penampakan P-51D Mustang hingga tangki peluru api, gambar-gambar ini disajikan dalam pencahayaan yang sempurna, dilansir dari Gizmondo.

Selama perang, Kementrian Informasi Inggris memiliki kendali atas foto mana yang bisa dibagi dengan pers. Sebagian besar foto yang diambil selama perang berlangsung tampil dalam warna hitam putih.

Namun antara tahun 1942-1945, fotografer asal Inggris berhasil menjaring sekitar 3000 foto berwarna. Foto-foto itu lalu menjadi bagian arsip di IWM pada tahun 1949. Kebanyakan dari kita kerap melihat foto Perang Dunia Kedua dalam balutan warna hitam putih. Warna ini memberikan efek malang, misterius, dan tampak lebih kuno.

Ian Carter, penulis dan kurator senior di IWM (IWM) “Gambar dalam buku ini menunjukkan warna api dan kainyang hidup, langit biru yang kuat, wajah para tentara militer yang jelas,” kata penulis dan kurator senior IWM, Ian Carter.

“Foto hitam putih menempatkan penghalang antara subyek dengan penikmatnya, sedangkan fotografi warna akan mengembalikan kejernihan dan menghilangkandampak buruk,” pungkas Carter.

Dan inilah foto-foto berwarna saat zaman Perang Dunia II:

Anggota Angkatan Bersenjata Wanita (WAAF) mempersiapkan parasut untuk digunakan oleh pasukan udara Inggris selama invasi ke Eropa, Mei 1944. (IWM)

Letnan Vernon R. Richards dari Grup Tempur ke-36I sedang menerbangkan Mustang P-51D-nya yang dijuluki ‘Tika IV’, dalam misi pendamping pengebom pada tahun 1944. Lihat tanda 6 swastika-nya, masing-masing mewakili sebuah pembunuhan. (IWM)

Wanita-wanita yang memproduksi peluru dan peluru meriam di pabrik amunisi bawah tanah di Wirral, Merseyside, 1945. (IWM)

Marsekal Lapangan Sir Bernard Montgomery menjelaskan strategi Sekutu kepada Raja George VI dalam karavan perintahnya di Belanda, Oktober 1944. (IWM)

Sebuah tangki penyemprot peluru Churchill Crocodile beraksi, Agustus 1944. (IWM)

Komplotan Auxiliary Territorial Service (ATS) bekerja di Markas Besar Artileri Pantai di Dover, Desember 1942. (IWM)

Pasukan parasut Inggris bersiap untuk latihan melompat dari RAF Dakota yang berbasis di Down Ampney di Wiltshire, 22 April 1944. (IWM)

B-17F Flying Fortress ‘Mary Ruth – Memories of Mobile’ dari Grup Bom 91, Angkatan Udara Kedelapan AS, dalam sebuah misi untuk menyerang U-boat di Lorient, Mei 1943 (IWM)

Jenderal Dwight D. Eisenhower dan komandan seniornya di Markas Sekutu Tertinggi di London, Februari 1944 (IWM)

Seorang kru senjata berukuran 5,5 inci dari Medium Regiment ke-75 (Shropshire Yeomanry), Artileri Kerajaan, beraksi di Italia, September 1943. (IWM)

Peneliti ‘Auxiliary Territorial Service (ATS)’ di sebuah lokasi senapan anti-pesawat 3,7 inci, Desember 1942. (IWM)

Pembom Lancaster yang hampir selesai di pabrik perakitan Avro di Woodford dekat Manchester, 1943. (IWM)

Seorang kru dari Lancers ke-16 / 5th, Divisi Lapis Baja ke-6 membersihkan senapan tank Crusader mereka di di El Aroussa di Tunisia, Mei 1943. (IWM)

Wanita Angkatan Darat menggergaji kayu di kamp pelatihan Timber Corps di Culford, Suffolk, 1943. (IWM)

Pekerja lokal membantu petugas RAF mengganti mesin Lockheed Hudson di Yundum di Gambia, April 1943. (IWM)

Massa merayakan VE (Victory in Europe) Day di dekat Cenotaph di Whitehall, 8 Mei 1945. (IWM)

Sumber : katakpisang.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *