​Heboh! Terbongkar Sudah “Alasan” Kenapa Aktor Hebat & Kacak Chow Yun-Fat “Tak Punya Anak” Walau Sudah 30 Tahun Menikah! Dunia Pun Gempar!

Siapa yang tak kenal dengan Chow Yun-fat, aktor ganteng asal Hongkong yang kerap muncul di berbagai film terkenal di dunia? Kini usianya sudah 62 tahun, tapi karismanya tetap tak terlupakan oleh banyak penonton dan para penggemarnya.

Nyatanya, Chow Yun-fat yang berada dibalik layar kaca juga merupakan seseorang yang berkarisma dan juga sangat sederhana. Jauh dari gaya hidup artis lain yang serba mewah, Chow menjalani kehidupannya seperti “orang biasa” pada umumnya.

 

Jika orang sukses identitinya dengan bawa mobil sport, tinggal di rumah mewah, tempat duduk VIP dan ke mana pun tak usah antri, Chow malah merasa ia tidak perlu material superfisial tersebut untuk menjalani kehidupan yang ia inginkan.

Tidak perlu menaiki mobil sport, naik kapal pribadi, ia tidak keberatan untuk naik pengangkutan umum seperti bus dan MRT.

Ia jarang makan di restoran mahal, malah lebih memilih untuk belanja ke pasar dan masak di rumah.

 

Banyak orang Hongkong yang bilang, “Kalau mahu bertemu artis Hongkong, pergilah ke kawasan perbelanjaan elit di central, tapi kalau ingin ketemu Chow Yun-fat, pergi ke MRT, terminal atau pasar.”

Chow Yun-fat pernah bilang, “Impianku adalah menjadi orang biasa yang bahagia. Semakin dewasa seseorang akan semakin sedar bahwa yang sebenarnya paling susah dalam hidup bukanlah mencari wang, tapi bagaimana caranya mendapat ketenangan hati dan jiwa, tetap hidup bahagia walaupun dalam kesederhanaan.”

 

Kesederhanaannya juga tercermin dari caranya berpakaian. Kos yang ia kenakan hanya seharga 45 ribu, sandal seharga 10 ribu.

Berikut ini potongan percakapan dalam sebuah interview,

MC: “Apa saja brand baju yang biasa Anda beli?”

Chow: “tak ada brandnya. Baju yang saya pakai juga sudah puluhan tahun lamanya.” Ia malah balik bertanya, “Kalau kamu, biasanya baju selesai shooting kamu apakan?”

MC: “Saya bawa pulang.”

Chow: “Apakah enak dipakai?”

MC: “tak enak…”

Chow: “Menurut saya baju dan barang-barang sejenisnya dipakai bukan untuk diperlihatkan ke orang, tapi untuk membuat diri sendiri nyaman. Jadi saya tidak akan beli baju yang mahal-mahal.”

 

Dalam sebuah acara television, istrinya mengungkapkan bahwa mereka telah menyalurkan dana sebesar 150 juta dolar Hongkong melalui yayasan mereka untuk membantu orang yang lebih memerlukan.

MC: “wang sebanyak itu akan kamu apakan? Setahu saya Anda tidak punya anak.”

Chow: “wang ini bukan sepenuhnya milikku, hanya dititipkan padaku untuk sementara.”

MC: “Bukan milikmu? Titipan sementara? Apa maksudnya?”

Rupanya Chow sudah berencana untuk menyumbangkan wang sebanyak ini. “Keluarga juga sudah terurus dengan baik, jadi tujuan saya mendirikan yayasan itu juga untuk membantu mereka yang benar-benar membutuhkan pertolongan.”

Beginilah ciri orang yang sudah berkecukupan, tidak menginginkan lebih dan mau berbagi dengan orang lain.

Satu lagi sisi yang mengagumkan darinya adalah dirinya yang tidak pernah berubah sedikit pun. Kekayaan duniawi tidak pernah merubah hatinya yang paling awal.

Chow Yun-fat yang asli dengan yang di film sama sekali berbeda. Di film, ia memainkan tokoh badass seperti bos mafia dan adegan berbahaya seperti baku tembak dengan senjata api. Aslinya, Chow melewati kesehariannya dengan tenang dan damai.

Biasanya ia tidak main HP, tidak chatting-an. Bagi Chow, HP semata-mata adalah alat untuk komunikasi, tidak seharusnya mendominasi sebagian besar kehidupan kita.

Ketika iPhone 6 baru keluar, Chow masih memakai HP lama Nokia. Sampai HP itu rusak, ia baru menggantinya dengan smartphone bekas pakai istrinya.

“Kita sebenarnya tidak perlu menerima terlalu banyak informasi. Cukup belajar bagaimana caranya mendengar suara di dalam hati.”

Sebagian waktu luangnya ia manfaatkan untuk fotografi. Ia senang menikmati pemandangan alam dan mengambil foto pemandangan dengan kameranya. Tahun 1997, kakak perempuannya iseng-iseng mengirim 3 foto hasil jepretan Chow ke acara perlombaan fotografi, siapa sangka malah dapat penghargaan!?

Ia pun berkomentar, “Saya cuma suka saja menikmati proses itu.”

Beberapa tahun terakhir, ia juga jatuh cinta dengan olahraga naik gunung. Dalam seminggu pasti ada sekali waktu yang ia luangkan khusus untuk menaiki gunung besar maupun kecil di Hongkong. Sekali naik 6 jam. Dalam waktu 6 bulan, berat badannya turun 13 kilo.

Ia bilang, “Punya badan yang sehat baru bisa menikmati hidup yang sehat. Kesalahan terbesar dalam hidup adalah menukar kesehatan dengan uang.”

Ternyata bukan cuma kepribadian Chow Yun-fat saja yang menjadi sorotan. Kehidupan pernikahannya juga menjadi salah satu topik hangat yang selalu ramai diperbincangkan.

“Begitu banyak selebriti wanita yang cantik, mengapa harus dia?

Menghadapi pertanyaan dari para penggemarnya, Chow berkata dengan serius, “Artis cantik sudah banyak saya lihat, tapi wanita yang hatinya cantik lebih menarik bagi saya.”

Ia tahu betul siapa yang ia inginkan. Meski opini publik selalu ingin memisahkan keduanya, tapi di depan mata setiap orang, mereka melangkah dengan mantap ke pelaminan.

Pernikahan ini telah berlangsung 30 tahun lamanya.

Setelah menikah, tak lama kemudian datang kabar baik. Istrinya hamil! Tapi sayangnya, ketika mereka menunggu dengan penuh harapan, siap-siap menyambut kedatangan anak mereka, mereka mendapat kabar bahwa anak mereka “meninggal dalam perut”.

Sang istri yang kehilangan anak hidup dalam kesedihan dan terus menyalahkan diri sendiri, tidak mau ngomong, ketawa ataupun makan sepanjang hari. Wajah yang tadinya ceria dan penuh senyum pun tiba-tiba tampak seperti tua 10 tahun.

Melihat istrinya yang sulit keluar dari kesedihan, Chow pun melepaskan pekerjaan yang ada di tangannya dan fokus menemani istrinya keluar dari kepedihan. Bahkan supaya istrinya tak lagi merasakan sakit yang sama, ia memutuskan untuk tidak usah punya anak! Keputusan ini kemudian mendapat tanggapan negatif dari keluarga dan publik, namun demi sang istri ia bersabar dengan semua itu.

Ketika ditanya, “Apa tidak sayang?”, Chow menjawab, “Tidak, karena kamu berdua sudah cukup bahagia, tidak bisa memohon yang lebih lagi.” Walaupun tidak punya anak, pernikahan mereka tetap hangat dan romantis.

Pakai baju sepasang

Menemani istri berbelanja

Jalan-jalan berdua ke berbagai tempat

Ulang tahunnya yang ke-60 pun cuma dirayakan di restoran kecil-kecil bersama sang istri.

Ternyata bahagia itu sederhana yah! Semoga kita semua belajar dari kerendahan hati dan kesederhanaan Chow Yun-fat!

Sumber: coco

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *